Teruslah berani melangkah dan capailah mimpi dan impianmu

Sabtu, 21 Januari 2012

MIsteri Great Blue Hole - Belize

Kita ketahui banyak berbagai macam bentuk keajaiban dunia. salah satunya yang patut dipertimbangkan untuk menjadi salah satu bentuk warisan dunia yang harus di jaga adalah Great Blue Hole....
Hmmm sepertinya masih terasa asing yaa....

The Great Blue Hole merupakan sebuah lubang paling besar di dunia dimana merupakan lubang pembuangan air besar di pesisir Belize. Itu terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, dengan kecil 60 mil (96 kilometer) timur daratan Belize. Lubang ini bentuknya bulat sempurna, lebih dari 1.000 kaki (305 meter) dan dalamnya 480 di kaki (146 meter). Waaw ^:^






Misteri dari lubang besar adalah bagaimana dia membentuk menjadi lubang besar yang bahkan tertutup oleh birunya air laut. Jawabannya adalah terbentuk dari hasil dari runtuhan berulang-ulang dari suatu sistem gua batu kapur yang terbentuk selama permukaan laut yang lebih rendah pada saat perjalanan zaman es terakhir.  ketika dunia berada di bawah kekuasaan zaman es besar terakhir, permukaan laut di Bahama adalah hingga 150 meter lebih rendah dari saat ini. Selama waktu batugamping pulau-pulau itu terkikis oleh air dan jaringan gua besar dibuat. Ketika permukaan air laut naik lagi sekitar 10.000 tahun yang lalu sebagian dari isi perut runtuh dan terbentuk lubang Biru. Selama jutaan tahun di Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar dan stalaktit dan stalagmit perlahan-lahan terbentuk. Ketika zaman es terakhir berakhir ribuan tahun yang lalu, permukaan air laut naik untuk menutupi gua. Ketika menyelam di Blue Hole, Anda berenang di bawah apa yang tersisa dari langit-langit tua untuk melihat sisa stalaktit dan stalagmit.

Sebuah gempa bumi besar akan menyebabkan langit-langit gua runtuh membentuk lubang pembuangan, dan pergolakan memiliki efek miring Lighthouse Reef ke sudut sekitar 12 derajat. Sepanjang dinding gua ini adalah mantan overhang dan tepian, perumahan Pleistocene stalaktit, stalagmit, dan kolom.

Blue hole ini sangat terkenal di dunia terutama bagi para penyelam karena tempat ini merupakan arena yang cocok untuk menyajikan pemandangan laut yang menakjubkan dan tentunya penuh misteri.....
ara penyelam ini akan dibawa ke lokasi menggunakan pesawat kecil dari lapangan udara San Pedro, 72 km dari lokasi. Dari ketinggian3.963 meter, para penyelam dapat langsung terjun ke dalam Blue Hole. Petulangan mendebarkan ini sangat disukai para penyelam yg biasanya datang secara rombongan.

Mengapa warnanya terlihat sangat biru? Hal itu disebabkan kedalamannya menciptakan warna biru nila hingga terkenal dengan lubang biru.

Lalu apa saja yang ada di dalamnya? Berdasarkan pengalaman dari seorang penyelam didapatkan berbagai macam keanekaragaman seperti  angefish, butterflyfish, hamnlets, dan ikan kerapu kecil juga sering terlihat. Elkhorn karang yang tumbuh ke permukaan dan seafans ungu menyapu di permukaan air yang tenang, mereka nampak berkilauan kaya warna.

Dindingnya tipis dari permukaan sampai kedalaman sekitar 110 kaki (44 meter) di mana Anda mulai menemukan formasi stalaktit yang sebenarnya sudut kembali, yang memungkinkan Anda untuk menyelam di bawah overhang mengerikan. Air bergerak dan visibilitas mendekati 200 kaki (61 meter).

Daerah yang lebih dalam di dalam Blue Hole tidak mempunyai kehidupan melimpah karena dindingnya yang membatasi, sehingga mengakibatkan kurangnya sirkulasi air dan cahaya.lebih dalam menyelam ke dalam Blue Hole, yang jelas air dan pemandangan lebih menakjubkan, sebagai array aneh stalaktit dan formasi batu gamping yang membentuk tembok menjadi lebih kompleks dan intens.

Di sisi barat pada kedalaman 230 kaki (70 meter), ada pintu masuk melalui terowongan yang sempit ke dalam gua besar. Kegelapan total, stalaktit, stalagmit, dan kolom ada di dunia yang tidak terganggu.

Lantai ditutupi dengan endapan lumpur yang sangat halus gelombang ke awan-awan besar dengan sedikit gerakan dari penyelam yang sedang lewat. Di sudut terjauh, lorong sempit yang lain mengarah ke atas ke dalam sebuah gua dan yang lain ,emharah ke gua 2 dan 3, di mana terdapat sisa-sisa kerangka kura-kura yang tidak pernah menemukan cara keluar dari sana..

Sebagian dari terowongan diperkirakan dapat dihubungkan langsung ke daratan, meskipun tidak pernah secara meyakinkan terbukti. Daratan juga memiliki banyak lubang berisi air yang terhubung ke gua-gua dan terowongan.

0 komentar:

© Puja Indah Anggraeni, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena